LENSAKITA.ID-KOLAKA UTARA. Dirgahayu Kabupaten Kolaka Utara ke-21, merupahkan momen yang tak bisa terlupahkan. Sebab, hari jadi usia Kolaka Utara ke 21 adalah momen di mana Kolaka Utara berhasil meraih prestasi yang luar biasa yaitu penghragaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam program makan gizi gratis yang di serahkan langsung oleh Senior Customer Ralations Manager MURI Andre Purwandono, S.S kepada Pejabat (Pj) Bupati Kolaka Utara H. Yusmin, Selasa (07/01/2025).
Namun tak hanya itu saja, di hari jadi Kolaka Utara yang ke 21 tahun ini. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kolaka Utara juga mempersembahkan Kado istimewa yaitu Inovasi Sistem Layanan Adminduk Kolaka Utara Offline, Online dan Terintegrasi (Si LAKU O2T).
Saat di konfrimasi melalui sambungan via WhatsApp, Kadis Dukcapil Kolaka Utara Drs. Buhari, M.M mengungkapkan, mengapa dikatakan Si LAKU O2T adalah kado istimewa buat Kolaka Utara ke 21. Sebab menurut Buhari, Inovasi Si LAKU O2T adalah inovasi layanan Adminduk yang ramah, mudah, cepat dan gratis serta bebas pungli atau calo.
Selain itu juga lanjut Buhari, Inovasi dinas Dukcapil Kabupaten Kolaka Utara ini, pihaknya akan tetap melanjutkan untuk memberikan layanan terbaik dibidang Adminduk bagi masyarakat Kabupaten Kolaka Utara.
“Pada bulan April 2020 kemarin, Dinas Dukcapil Kabupaten Kolaka Utara menetapkan Inovasi Pelayanan Publik di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang dikemas dalam sebuah sistem yang terintegrasi dan terpadu,” ucap Buhari.
“Inovasi ini diberi nama Si LAKU O2T. Filosofi pemberian nama Si LAKU O2T, selain karena mudah diingat, juga merupakan akronim dari Sistem Layanan Adminduk Kolaka Utara Offline, Online dan Terintegrasi,” tambah Buhari.
Mantan Kadis Kominfo Kolaka Utara ini juga menjelaskan, ide utama dari inovasi Si LAKU O2T, selain untuk memberikan layanan Adminduk yang ramah, mudah, cepat, dan gratis serta bebas pungli/calo, juga untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kinerja organisasi.
“Betapa tidak, melalui inovasi ini, maka mengurus dokumen Adminduk cukup dari rumah atau paling jauh ke kantor desa, tidak perlu jauh ke kantor Dinas Dukcapil. Apalagi inovasi ini gratis atau tidak dipungut biaya,” ujarnya.
Kata Buhari, semangat inovasi ini adalah “spirit memberikan layanan yang membahagiakan masyarakat”. Inovasi Si LAKU O2T berupaya mengubah adagium “Kalau bisa dipersulit, mengapa harus dipermudah”. Jargon birokrasi pelayanan masa lalu ini sudah tidak cocok di jaman now, sehingga harus dibalik “Kalau bisa dipermudah, mengapa harus dipersulit.
Masih dikatakan, Implementasi Inovasi Si LAKU O2T, memberikan banyak alternatif kepada pengguna layanan untuk mengurus dokumen Adminduk, sehingga inovasi ini memberikan nilai tambah dan menjadikan Inovasi Si LAKU O2T unik dan baru.
“Seperti layanan offline di buka setiap hari, layanan online yang bisa dilakukan dari rumah, layanan terintegrasi, layanan jemput bola Adminduk ke desa, sekolah, OPD dan rumah penduduk rentan, layanan kurir antar dokumen dengan gratis, layanan cetak dokumen Adminduk di kantor desa, dan layanan di fasilitas kesehatan (RS/Puskesmas), layanan pengaduan secara online serta pemberian reward dan punishment (Anugerah DukcapilKU) bagi pegawai Dinas Dukcapil Kolaka Utara yang berkinerja terbaik,” tuturnya.
Ia juga menambahkan, Si LAKU O2T melayani semua dokumen kependudukan seperti rekam dan cetak KTP EL, Aktivasi IKD/KTP Digital, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Surat Keterangan Pindah (SKP), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan dan Akta Perceraian bagi non muslim serta dokumen Adminduk lainnya.
Sebagai sebuah sistem, maka Inovasi Si LAKU O2T ditopang oleh beberapa sub sistem atau sub inovasi yang bersinergi. Hingga saat ini, Inovasi Si LAKU O2T sudah ada 12 sub inovasi sebagai berikut :
1. La Oftamu di Kantor (Layanan Offline/Tatap Muka di Kantor);
2. La Onduku di Rumah (Layanan Online Dukcapil Kolaka Utara yang bisa dilakukan dari Rumah);
3. La Terintegrasi (Layanan Terintegrasi 3 in 1, 5 in 1);
4. La Jebola ke Desa (Layanan Jemput Bola Adminduk ke Desa);
5. La Jebola ke Sekolah (Layanan Jemput Bola Adminduk ke Sekolah);
6. La Jebola Khusus (Layanan Jemput Bola Adminduk Khusus);
7. La Kurir ANDA Ke Rumah (Layanan Kurir Antar Dokumen Adminduk ke Rumah);
8. La Cedoka di Kantor Desa (Layanan Cetak Dokumen Adminduk di Kantor Desa);
9. La Katrine Bunda (Layanan Kado Three in One untuk Ibu dan Anak);
10. La Jebola IKD (Layanan Jemput Bola Adminduk Identitas Kependudukan Digital);
11. La Pengaduan Online (Layanan Pengaduan dan Konsultasi secara Online); dan
12. Anugerah DukcapilKU (Ajang pemberian penghargaan kepada pegawai berkinerja terbaik).
Adapun tujuan Inovasi Si LAKU O2T antara lain :
- Tersedianya sistem layanan Adminduk yang terintegrasi dan terpadu yakni layanan yang ramah, mudah, cepat dan gratis serta bebas pungli/calo;
- Pengurusan dokumen Adminduk dapat lebih fleksibel atau masyarakat memiliki banyak alternatif untuk mengurus dokumen Adminduknya;
- Meminimalisir antrian yang lama yang sering terjadi;
- Meminimalisir pengurusan dokumen Adminduk melalui calo/pungli;
- Upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi pelaku usaha ekonomi lokal seperti Kurir;
- Upaya pemberdayaan pemerintah desa/kelurahan melalui pelayanan Adminduk di kantor desa;
- Salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19.
“Alhamdulillah, Inovasi Si LAKU O2T sudah berjalan empat tahun lebih. Dalam pelaksanaannya telah banyak mendapat apresiasi dan prestasi diantaranya Dukcapil Paling Inovatif tahun 2021, Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan oleh KemenPANRB Tahun 2022, dan Zona Integritas Menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) yang diberikan oleh KemenPANRB Tahun 2024, serta beberapa penghargaan lainnya,” tutup Buhari.
Laporan : Redaksi